Jumat, 07 Agustus 2015

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan


Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

INFORMASIDUNIAONLINE - Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan tidaklah sama, hanya konsep dasarnya yang sama, yaitu sama-sama menabung atau berinvestasi untuk mendapatkan nilai tunai yang diinginkan nasabah yangg tercantum dalam kontrak, dimana apabila nasabah mengambil produk asuransi pendidikan, nasabah terikat kontrak dengan perusahaan asuransi dan apabila nasabah mengambil produk tabungan pendidikan, nasabah terikat kontrak dengan bank.

Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut :

Tabungan Pendidikan :

Cocok dipakai untuk tabungan dana pendidikan jangka pendek, yaitu pada umumnya 2 tahun hingga 5 tahun
Tidak terdapat bunga yang besar, tetapi hanya dikenakan biaya admininstrasi
Terdapat manfaat asuransi, yaitu asuransi jiwa saja, tidak termasuk asuransi kesehatan. Dalam hal ini, apabila tertanggung meninggal dunia, ahli waris mendapatkan dana sebesar nominal yang sudah tercantum dalam kontrak, serta melindungi agar resiko kematian yang mengakibatkan terhentinya setoran rutin tabungan dapat diantisipasi.
Bunga yang diberikan kisaran 3% hingga 6%


Asuransi Pendidikan :

Tabungan jangka panjang, pada umumnya jangka waktu menabung berkisar 10 tahun.

Tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi jiwa, tetapi juga asuransi kesehatan, dimana apabila terjadi resiko sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit, maka biaya rumah sakit ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Bunga jauh lebih besar dari pada tabungan pendidikan yaitu berkisar 15% – 23% per tahunnya

Apabila terjadi resiko kematian pada Anda yang menyebabkan setoran premi asuransi terhenti sementara si anak belum mendapatkan dana pendidikannya secara utuh, maka pihak perusahaan asuransi menjamin dana pendidikan akan tetap diberikan. Dengan mengambil asuransi pendidikan berarti Anda menabung sekaligus mengambil asuransi jiwa secara bersamaan. Bagi orang tua yang ingin membeli asuransi jiwa dan dana pendidikan anak secara terpisah tentunya produk asuransi pendidikanmenjadi tidak efektif dalam persiapan dana pendidikan anak.


Ada perbedaan mendasar dari keduanya, namun dari sisi Anda, kedua produk ini tetap memiliki sistem yang sama: melakukan investasi secara rutin dan sekaligus memproteksinya terhadap resiko kematian dengan asuransi jiwa.

0 komentar:

Posting Komentar


 

Copyright © Informasi Dunia Online. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com